Jangan Mengatakan Diri Anda Hebat Jika Belum Memiliki blog

blog

Dunia pendidikan sebagai garda depan dalam usaha memajukan peradaban umat manusia harus bisa memetik manfaat positif dari penggunaan teknologi.  Oleh karena itu, civitas akademika seperti pelajar dan mahasiswa juga diharuskan mampu menguasai teknologi, secara umum dalam hal menulis lebih khususnya yang berkaitan dengan bidang dan keahlian masing-masing.

Sehingga suatu saat nanti di dunia kerja dapat memanfaatkan teknologi sebagai media atau alat bantu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Salah satu media teknologi yang menunjang sebagai wadah latihan, mengembangkan, mewadahi bakat dalam menulis dan menunjang bagi kehidupan akademis  adalah blog di tengah berkembangnya media sosial yang semakin ramai.

Blog merupakan salah satu alternatif wadah untuk meluangkan hoby dan bakat menulis seseorang. Di Sekolah biasanya sudah di ajarkan bagaimana membuat blog. maka dari itu jangan hanya punya blog tapi mari kelola blog yang kita punya.

Apa itu blog?

Blog merupakan kependekan dari weblog, merupakan istilah pertama yang digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Disebut Weblog karena adanya komunitas website pribadi yang selalu diupdate dan di dalamnya juga link-link ke website lain yang menarik disertai dengan komentar-komentar dari user lain.

“Fenomena di Indonesia pada dunia online terus berkembang,  Google Trends menyebutkan bahwa hingga bulan Mei 2010 kebiasaan masyarakat Indonesia mulai beralih dari yang sekerdar mengunjungi website-website tertentu, menjadi suka menuliskan segala sesuatunya di blog pribadi mereka”

Mengapa Blog?

Blog sebagai sarana untuk belajar menulis.

Sebagai pelajar tentunya kita tak asing dengan aktivitas menulis kan? Pernah menulis buku harian? Merangkai kata-kata yang indah, puisi, cerpen. Maka sebeneranya kita sejak dini sudah dibiasakan untuk menulis.

Dari pada hanya menganggur tulisan yang telah susah payah ditulis, alangkah lebih baiknya dituangkan di dalam blog, bisa dibaca dan dinikmati oleh orang banyak.

Menulis di Blog bisa dikatakan  sarana belajar bagi penulis.  Selain informasi kita juga sering menemui banyak jenis tulisan di blog seperti cerpen, puisi, tak jarang juga sebagai tempat curhat bagi sebagian orang.

Mereka enjoy bisa menuangkan keluh kesah sampai berbagai pengalaman berharga bagi banyak orang.

Salah satu cara untuk mengekspresikan diri lebih dalam adalah melalui media blog.

Blogger sebutan untuk penggila blog mengkeskperesikan  segala macam tulisan, uneg-uneg, kritik, motivasi, ajakan sampai tempat mencari pundi-pundi rupiah.

Menarik, seru dan kreatif adalah hal yang sering kita jumpai di media blog ini.

Blog bersahabat dengan mesin pencari

Setiap apa yang kita tulis di blog akan mempunyai alamat yang bersahabat dengan alat mesin pencari. Mekanisme kata kunci dalam blog juga sangat membantu dalam pencatatan ke mesin pencari.

Beberapa pluggin dalam blog juga untuk blog agar konten di dalamnya dengan mudah direkam oleh mesin pencari. Dan kaitannya untuk mengembangkan bakat menulis dan berbagi tulisan yang menarik dan bermanfaat untuk banyak orang, fitur ini tentunya sangat diperlukan.

Bisa tampil di situs lain

Dengan adanya RSS (Really Simple Sindicate), kita bisa dengan mudah menampilkan blog yang dimiliki ke blog lain, media sosial seperti Facebook, Twitter dll.

Umumnya orang lain akan menampilkan blog anda ke blog miliknya atau ke media sosial, jika informasi di dalam blog anda cukup menarik. Kita juga bisa mempromosikan blog kita lewat media sosial yang kita punya.

Informasi bisa dikelompokkan.

Agar memudahkan pengelompokan informasi, di Blog terdapat fasilitas untuk kategorisasi dalam penulisan sebuah artikel. Dengan adanya kategorisasi ini informasi di dalam blog akan mudah dicari, baik secara manual ataupun melalui fitur pencarian di dalam blog.

Dengan begitu, para pembaca di blog kita lebih mudah dalam mengakses informasi yang dituju.

Semua itu kelebihan dari Blog dibandingkan media sosial. Jadi lebih memilih mana menulis di media sosial atau menulis di blog terus membagikannya di media sosial.

You May Also Like