Mesjid Islamic Center Dato’ Tiro Menjadi Icon Kota Phinisi

Mesjid Islamic Center Dato’ Tiro menjadi icon kota di kabupaten Bulukumba. Mencuatnya kota yang berparaskan phisini dengan sebutan Butta Panrita Lopi ini tidak terlepas dari bangunan yang satu ini. Berdirinya mesjid kokoh nan megah dengan ornamen yang indah ini cukup menyita perhatian masyarakat pada umumnya. Mesjid Islamic Center berdiri kokoh diarea yang cukup luas terletak di Tanah Kongkong tepat berhadapan dengan kantor DPRD kabupaten Bulukumba.

Mesjid ini dirancang dan proses pembangunan pertama kali pada masa kepemimpinan H. Andi Patabai Paborokori yang menjabat sebagai bupati di Butta Panrita Lopi. Namun, pembangunan ini sempat tersendat bersamaan dengan berakhirnya kepemimpinan H. Andi Patabai Pabokori sebagai bupati di tanah phinisi. Hanyalah deretan tiang yang menjulang menjadi jejak peninggalan bupati yang satu ini.

Setelah pergantian nahkoda kepemimpinan dan jatuh ketangan H. Andi Sukri Sappewali yang terpilih menjadi bupati saat itu. Pembangunan mesjid ini sempat terhenti dan tak tersentuh sama sekali hingga batas kepemimpinannya berakhir.

Bayangkan, selama kurang lebih 5 tahun lamanya pembangunan ini terhenti. Dan akhirnya kembali dilanjutkan setelah pergantian nahkoda berada dibawah tanduk kepemimpinan H. Zainuddin Hasan.

Tepat, 28 Juni 2014. Beliau dapat mewujudkan janji yang termasuk dalam agenda politiknya. Yang saat itu bertepatan dengan bulan suci ramadhan, mesjid ini pun diresmikan dirangkaikan dengan pelaksanaan shalat tarwih perdana. Masjid ini dilengkapi dengan ornamen khas Islam dan juga dipercantik dengan beberapa kaligrafi yang bertuliskan ayat-ayat dari kitab suci Al-Quran.

Kini mesjid ini menjadi icon kota di tanah phinisi, bagi siapapun yang berkunjung ataupun melintas pastinya akan merasa rugi jika tidak menyempatkan untuk singgah dan berpose di tengah megahnya keindahan mesjid ini.

You May Also Like