Tips Berkelana Musim Dingin

Bagi penduduk negara beriklim tropis seperti Indonesia ini, melihat dan menyentuh salju tentu menjadi salah satu hal yang sangat menarik. Wajar saja jika paket wisata ke luar negeri di musim dingin cukup digandrungi banyak wisatawan. Namun, menjelajah di musim dingin tidak bisa dianggap biasa lho. Tubuh yang terbiasa dengan suhu hangat di Indonesia akan bertemu dengan hawa yang super dingin hingga mencapai di bawah 0 derajat celcius sehingga banyak kemungkinan yang terjadi jika tidak menanggulanginya, seperti terkena masuk angin, flu, demam, hingga mimisan.  

“Musim yang paling aneh selama hidup saya adalah musim salju, lah kenapa? ini tidak akan ada di Indonesia dan bayangkan saja kalau sebongkahan es di parut kemudian di tebar kemana-mana hehehe dingin pake banget.” Goestina (Delegasi musim dingin di Jepang)

Nah tips travel buat kamu yang ingin berkelana di negeri musim dingin :

1.  Gunakan pakaian khusus musim dingin

Jangan pernah coba-coba berkelana di musim dingin dengan memakai baju yang biasa kamu kenakan di Indonesia, bisa kacau jadinya. Saat musim dingin, orang-orang di luar negeri mengenakan pakaian khusus berbahan tebal antara lain, jaket khusus winter yang dilengkapi dengan tudung serta furing agar lebih hangat, sweater rajut tebal, rok panjang tebal atau celana panjang tebal, jika perlu bisa juga tambahkan long john agar lebih hangat. Jika tidak memiliki jaket khusus winter, kamu bisa gunakan beberapa lapis pakaian.

2. Pesan penginapan yang dilengkapi pemanas ruangan

Jika saat berlibur di Indonesia kita berlomba-lomba mencari hotel dengan fasilitas AC, maka saat berkelana musim dingin kamu disarankan mencari penginapan yang menyediakan pemanas ruangan. Tubuhmu akan benar-benar terjaga kehangatannya dan tak perlu takut lantai dingin.Salah satu juga cara untuk menghangatkan tubuh ketika keliling di luar rumah adalah masuk ke tempat perbelanjaan dan mencari kedai untuk minum kopi gratis.

3. Gunakan aksesoris khusus musim dingin

Jika di Indonesia aksesoris seperti topi, syal, masker, dan lain-lain biasanya hanya dijadikan sebagai pelengkap penampilan saja, maka berbeda halnya jika kamu sedang berkelana di musim dingin. Beberapa aksesoris seperti topi berbahan wool, penutup telinga, syal, kaus kaki, masker, payung, dan sarung tangan khusus winter wajib digunakan saat bepergian. Dengan mengenakan aksesoris dan pakaian khusus musim dingin selain melindungi tubuh dari udara dingin, penampilanmu dijamin akan terlihat keren.

4. Gunakan sepatu khusus musim dingin

Tak hanya pakaian, kamu juga perlu menggunakan sepatu khusus musim dingin. Kriterianya harus nyaman, tertutup, hangat, dan anti selip karena jalanan yang tertutup salju akan terasa licin. Winter boots menjadi salah satu jenis sepatu yang recommended untuk dipakai saat berlibur musim dingin.

5. Bawa obat-obatan pribadi

Obat-obatan sederhana seperti minyak kayu putih, tolak angin, obat flu, obat diare, juga menjadi hal penting yang tak boleh tertinggal. Terutama bagi kalian yang tidak fasih berbahasa negara tujuan atau khawatir dengan kehalalan obat-obat di negara tujuan.

6. Sediakan pelembab tubuh (lotion) dan pelembab bibir

Hawa dingin akan membuat kulit tubuh kering serta membuat bibir pecah-pecah. Untuk menghindarinya, gunakan lotion atau pelembab tubuh dan pelembab bibir secara rutin.

Itulah tips berkelana di musim dingin. Namun yang paling penting, siapkan mental dan kondisi tubuh yang fit, banyak minum air putih dan makan makanan bergizi sebelum berani mencoba musim salju.  Semoga bermanfaat!

You May Also Like